Kamis, 10 November 2011

try to be comentator

Ini adalah tugas mata kuliah filsafat sejarah, dimana kita, para mahasiswa S1. Pend Sejarah 2010 Universitas Negeri Surabaya, diperintah untuk memberikan komentar pada salah satu kelompok, yang memprogram mata kuliah ini, yang telah melakukan presentasi mulai dari awal pertemuan sampai presentasi kemarin. Berikut komentar saya kepada kelompok 2:

Presentasi kelompok 24 cukup baik. Slide yang ditampilkan cukup bagus, walaupun sebenarnya sedikit kurang menarik perhatian, kurang eye catching. Tapi walaupun demikian saya tetap berikan applause kepada mereka. Hanya saja disini saya akan sedikit menambahkan jawaban pada petanyaan “Apakah yg menjadikan Hegel dan Marx terpicu untuk membuat filsafat sosial-komunis?”. Jawaban saya: Marx, sebagai salah seorang murid Hegel, sangat dipengaruhi oleh Hegenalisme. Sejak kecil, ia tumbuh di tengah pergolakan politik yang dikuasai oleh kekuatan kapitalis para borjuis yang menentang kekuasaan aristokrasi feodal dan membawa perubahan hubungan sosial. Selama duduk di bangku kuliah ia mempelajari tentang kemanusiaan serta filsafat dan hukum Hegenalisme.

Itulah sebabnya mengapa Marx membuat filsafat sosial-komunis, karena ia memandang sosialisme sebagai sebuah transisi perubahan dari kapitalisme menuju ke komunisme.

Itulah sedikit komentar dari saya, kalian sudah cukup baik dalam presentasi. Tingkatkan terus kreatifitas dan semangat belajarmu untuk menyongsong masa depan….
(^_^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar